UTS APLIKASI KOMPUTER TENTANG MS WORD DAN MS EXCEL



MICROSOFT WORD


A. MEMBUAT DOKUMEN DENGAN MS WORD BERIKUT CONTOHNYA


  1. Untuk membuat dokumen di Microsoft Word kita harus masuk kedalam aplikasi yaitu dengan cara start ->all program->microsoft office->microsoft word kemudian kita tekan tombol office button  pilih New
  2. Untuk contohnya terdapat di bawah ini



B. PENGGUNAAN TABLE BER
  1. Untuk membuat table pada microsoft office kita pilih menu bar insert->table->insert table lebih jelasnya dibawah ini.
IKUT CONTOH
         2. Berikut tampilan table pada microsoft word:

    C. PENGGUNAAN KOLOM BERIKUT CONTOHNY
    1. Untuk penggunaan kolom pada microsoft word kita bisa memilih 1 kolom ,2 kolom ,3 kolom .disini saya akan mencontohkan untuk 2 kolom caranya kita pilih menu bar page layout->page setup          ->columns
    A



















          2. Berikut tampilan dengan 2 kolom




      D. PENGGUNAAN NUMBERING BERIKUT CONTOHNYA

      1. Untuk membuat numbering kita dapat melakukanya dengan cara pilih menubar home->paragraph-> numbering library:
        
          2. Berikut contoh penggunaan numbering:

















      E. PENGGUNAAN HEADER DAN FOOTER BERIKUT CONTOHNYA



      1. Untuk penggunaan Header caranya insert -> header & footer -> header kita dapat memilih berbagai macam tampilan seperti dibawah ini :

















            2.   Untuk contoh penggunaan Header :







         3. Untuk pembuatan footer caranya pilih menu bar insert -> header & footer -> footer tampilan :


         4. Berikut contoh penggunaan footer :

      F. PENGGUNAAN FOOTNOTE BERIKUT CONTOHNYA

      1. Footnote merupakan catatan kaki untuk memnjelaskan sebuah artikel di kutip oleh siapa atau berasal dari mana sumbernya untuk pembuatanya kita pilih menu bar references -> footnotes pilih 









          2.  Berikut contoh penggunannya






















      MICROSOFT EXCEL

      G. PEMBUATAN LEMBAR KERJA DENGAN EXCEL YANG BAIK BENAR BERIKUT CONTOHNYA
           *Microsoft excel merupakan alikasi untuk pengolahan angka yang di buat oleh perusahaan microsoft untuk membuka ms excel kita pilih start -> all programs -> microsoft office -> microsoft excel
                1).Membuka lembar kerja baru
                     Klik Office Button, New atau dengan tekan Ctrl+N         
                2) Menyisipkan Baris             
                    -Letakanlah penunjuk mouse disel dimana saja asal berada pada lokasi                  
                    -Klik kanan              
                    -Klik menu insert -> Rows          
               3) .Menyisipkan Kolom             
                    -Letakanlah penunjuk mouse disel mana saja asal berada pada lokasi kolom yang diinginkan            
                    -Klik kanan           
                    -Klik menu insert-> Column
                4).Mengatur Tampilan Data Angka pada Sel         
                   -Block sel yang akan diatur           
                   -Klik kanan lalu format cell          
                   -Klik tab number lalu pilih category, bila sudah OK       
                5).Mengatur Tampilan Garis Sel           
                  -Block sel yang akan di atur lalu klik kanan             
                  -Pilih menu format cell, klik tab Border            
                  -Atur seuai keinginan jika sudah klik OK
      *Berikut contohnya untuk membuka dokumen baru:












      *Lembar kerja ms excel










      H. FUNGSI STATISTIKA BERIKUT CONTOHNYA 

      * Fungsi statistik terdiri dari
         a) COUNT     =Menentukan bnyaknya data
              contoh: =COUNT(A2:A5) kita mengetikan pada awal yaitu Sel A2- A5





            b) SUM  = Menentukan total / jumlah data
                contoh: =SUM(C2:C5) kita menjumlahkan dari sel C2 - C5



         c) AVERAGE =Menentukan rata-rata
             contoh : =AVERAGE(C2:C5) kita akan menentukan nilai rata - rata dari sel C2-C5



         d) MAX         = Menentukan nilai tertinggi
              contoh : ==MAX(C2:C5) kita akan mengetahui nilai max pada sel C2-C5


       

         e)  MIN          = Menentukan nilai terendah
             contoh == MIN(C2:C5) kita akan mengetahui nilai terkecil pada sel C2-C5

      I. PENGGUNAAN IF BERIKUT CONTOHNYA

        

      =IF (test_logika;nilai_bila_benar;nilai_bila_salah)
       
      Fungsi IF adalah fungsi kondisi yang dapat dipakai untuk memeriksa sebuah sel apakah memenuhi syarat yang ditetapkan atau tidak, Kemudian mengerjakan sebuah perintah apabila memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat . Bentuk sintak adalah :



      1. Kondisi_Logik Kondisi atau expresi logika yang diuji
      2. Nilai_Benar kondisi true atau terpenuhi
      3. Nilai_Salah kondisi false atau tidak terpenuhi

      Contoh 1

      • Buka aplikasi Microsoft Excel
      • Tuliskan huruf A pada cell A1
      • Tulis rumus berikut pada cell B1 =IF(A1=”A”,”Benar”,”Salah”)
      • Pada cell B1 akan muncul tulisan Benar
      • Sekarang anda ganti cell A1 dengan angka 1
      • Maka isi cell B1 akan berubah menjadi Salah

      J. PENGGUNAAN FUNGSI LOOKUP BERIKUT CONTOHNYA

      FUNGSI LOOKUP TERDIRI DARI DUA YAITU VLOOKUP DAN HLOOKUP
      * FUNGSI VLOOKUP

      Fungsi Vlookup sangat berguna jika anda mempunyai tabel referensi yang sering digunakan pada tabel kerja. Jika anda mengubah nilai pada tabel referensi maka anda tidak perlu mengubah nilai pada tabel kerja, karena otomatis akan berubah sendiri mengacu pada tabel referensinya. Hal ini sangat efektif jika anda mempunyai banyak baris (lebih daripuluhan baris).

      = VLOOKUP (nilai_yang_dicari;Tabel_Array;Nomor_Kolom)

                 Nilai_yang_dicari   : merupakan sebuah nilai yang terdapat di dalam tabel atau array
                      Tabel_array           :alamat absolut atau nama range tabel/array
                      Nomor_kolom        : nomor kolom tempat data yang ditampilkan berada

      contoh:

      =VLOOKUP(1002,$A$2:$C$4,3,FALSE) akan menghasilkan 1500



      =VLOOKUP(1003,$A$2:$C$4,2,FALSE) akan menghasilkan pasta gigi.

      *FUNGSI HLOOKUP

      Fungsi HLOOKUP digunakan untuk mencari data (value) secara Horisontal sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. Pada Fungsi HLOOKUP apabila data tidak ditemukan pada kolom pertama, pencarian akan terus dilakukan pada kolom kedua dan seterusnya. Ada dua pilihan dalam pencarian menggunakan HLOOKUP jika kita masukan nilai TRUE pada Range_lookup maka jika data tidak ditemukan maka akan dipilih data yang paling mendekati, tetapi jika kita pilih FALSE pada Range_lookup maka jika data tidak ditemukan maka akan dihasilkan nilai error (#NA). Berikut contoh kasus yang memanfaatkan fungsi dari Fungsi HLOOKUP, semoga akan lebih mudah untuk dimengerti.Fungsi HLOOKUP hampir sama fungsinya dengan VLOOKUP, namun tabel atau array sumber data tidaklah sama,apabila VLOOKUP berdasarkan pada tabel dengan judul pada kolom,maka HLOOKUP berdasarkan tabel dengan judul pada baris.

      = HLOOKUP (nilai_yang_dicari;Tabel_Array;Nomor_Kolom)

                      Nilai_yang_dicari : merupakan sebuah nilai yang terdapat di dalam tabel atau array

                      Tabel_array          : alamat absolut atau nama range tabel/array

                      Nomor_kolom     : nomor kolom tempat data yang ditampilkan berada
      contoh
      =HLOOKUP(B1,$B$1:$D$3,2,FALSE) akan mengasilkan sabun

      K. CARA MERANGKING BERIKUT CONTOHNYA

      Untuk memudahkan merangking kita dapa menggunan ms excel dengan menggunakan rumus 
      =RANK(Number;ref;[order]),maka kita akan mudah untuk melakukan pe rangkingan.
       contoh:
      dengan menggunakan formula =RANK(B4,$B$4:$B$8,0)
      Maka hasilnya








      Komentar

      Postingan Populer